Selasa, September 17, 2013

DAYA SAING : KILAS BALIK

Namanya juga "kilas balik", jadi yang saya maksud kita meninjau ulang sekilas saja ke belakang. Ini diskusi seputar "daya saing." Tulisannya sudah cukup lawas, seri awal dipublikasikan di blog ini persisya 8 Desember 2008. Walaupun begitu, isu daya saing terus menghangat dan selalu berdampak luas (setidaknya dalam arena diskusi kebijakan). Karena itu,rasanya masih relevan saya mengangkat ulang sekedar menyampaikan kembali beberapa ulasan yang mudah-mudahan membantu pemahaman tentang daya saing secara umum.

Catatan Pinggir(an)
Sewaktu menulis, ini bukan tulisan topik utama, tetapi sebagai catatan samping. Tulisan-tulisan tersebut lebih berupa catatan pinggir(an), karena selain bukan dimaksudkan sebagai tulisan ilmiah, juga ditulis pada pinggir-pinggir malam menjelang tidur ataupun menjelang subuh.
Kata "daya saing" memang dapat memiliki arti berbeda. Ini bisa terkait dengan tataran maupun perspektif yang melibatkan keragaman dimensinya. Himpunan tulisan sebelumnya mengupas hal tersebut.


.

.


Pengertian Daya Saing
Memang pengertian yang paling "jelas" tentang daya saing adalah yang terkait dengan entitas "perusahaan/bisnis." Ini pengertian pada tataran mikro. Pengertian mikro (daya saing perusahaan) dapat dibaca kembali di sini.

Diskusi semakin kompleks tentang daya saing berikutnya adalah menyangkut "industri." Tentu yang dimaksud dengan industri di sini bukan semata pabrik, melainkan sehimpunan entitas bisnis dan non bisnis (beserta aktivitas dan nilai tambahnya) di bidang tertentu (baik pengertian "sektoral" ataupun "klaster industri"). Diskusi terkait dengan pengertian meso (daya saing industri) ini dapat dibaca kembali di sini  dan di sini.
Jika pengertian daya saing perusahaan dan industri sudah dibaca, saatnya kita telaah daya saing dalam konteks yang lebih kompleks. Untuk daya saing daerah (dapat dianggap tataran makro jika sebagai suatu entitas ekonomis, sosial dan budaya; maupun meso dari perspektif nasional) dapat dibaca di sini dan di sini.
Selanjutnya, diskusi tentang pengertian makro (daya saing negara) dapat dibaca di sini.

Penutup
Dewasa ini, banyak pihak mengunakan telaah daya saing dari World Economic Forum (WEF). Dengan berbekal sedikit pengetahuan dari tulisan di blog ini dan mempelajari dimensi dan indikator yang digunakan oleh WEF, semoga kita dapat memanfaatkannya dengan baik. Tak perlu terlalu pesimis dengan daya saing yang masih relatif rendah, tetapi sebaliknya juga tak perlu bangga dan cepat puas dengan peningkatan peringkat daya saing yang tinggi. Capaian adalah bagian dari sebuah proses dan bermanfaat bagi evaluasi diri. Yang lebih penting adalah apakah hal tersebut dapat memacu kita berbuat bagi perbaikan ke depan. Kita semua punya kesempatan untuk berkontribusi dalam meningkatkan daya saing Indonesia ...

Semoga bermanfat.
Salam Inovasi Indonesia ...

5 comments:

Macgyver JOWO 8 Oktober 2013 16.47  

Inovasi Kristen JAWA dan Inovasi Tuhan Yesus KRistus yang Bebas SARA, atau Inovasi BAgus Permono yang bebas MAkar pada PAncasila, selalu rangkul semua agama dan suku, selalu Peduli dan Berbagi sesuai KASIH dan PAncasila, Bukan JIHAD dan bukan Teroris.......Bebas Siksa alam kubur di neraka, karena sudah ditebus Yesus di KAyu salib, selalu kreatif dan inovatf.

Cara BER-inovasi dan Kreatifitas bersama Gusti Yesus Kristus SAng RAJA segala raja dan Yesus Alfa dan Omega kata Alkitab....... Tips & Inovasi Surabaya......

Cara Berinovasi dan Kreativitas.....dari pakar Inovasi Indonesia, RM BAgus Permono Imanuel.....

Guys Anda masih bingung tentang cara berinovasi?? SEmua itu ada CAranya dan serahkan Kuatirmu kepada Tuhan Yesus maka Ia akan memelihara engkau.....juga kita ini adalah Giant Killers in JESUS Christ like Holy Bible said in Romans 8:37....

cara sistematisnya adalah coba kita berpikir kritis, ilmiah, analitis dan objektive....kita harus tahu kelemahan suatu Postulate suatu benda.....terus buat solusinya bersama Tuhan Yesus yang Juga sekaligus Tuhan Allah Pencipta dan Juruselamat manusia......setuju???Juga kita harus berpikir Solutif bersama Yesus dan bertindak antisipasi sedini mungkin...... contoh : ada seorang Pengendara mobil lewat jurang...terus dia mengalami musibah, dan seketika itu juga bannya beserta murnya atau bautnya rlepas pada salah satu ban, katakan di bagian kiri belakang mobil......maka hal itu tidak akan sampai ke tempat tujuan bukan???

lantas dia bingung, dan untung menemukan seorang Pendeta Kristen KArismatik yang juga pintar soal Teologi dan Pintar juga soal TEknologi......Dan Pdt itu tadi berkata ; maaf bapak kalau itu masalah bapak, kiranya bapak tenang dan rileks agar dapat berdoa dan tentang solusi ban yang kehilangan mur atau baut tadi itu gampang, karena Tuhan Yesus selalu berbisik pada saya agar bapak tadi mengambil salah satu mur atau baut masing-masing dari ketiga ban yang lain, terus ditaruh di ban yang akan bapak pasang tadi sehingga kita sekarang mempunyai masing-masing mendapat mur atau baut tiga buah , dan silakan bapak meneruskan perjalanan bapak ke kota terdekat, terus bawa ke bengkel dan silakan beli mur atau baut tadi agar genap empat mur......setuju???

Wah....bapak Pendeta kok pintar amat sich??? iya dong bapak pengendara mobil, karena kami mempunyai Tuhan Yesus yang hidup, yang telah mati dan bangkit lagi...dimana Yesus juga Tokoh Inovator seluruh dunia....dan saya juga pengagum Grups di FAcebook tentang Tips & Inovasi Surabaya oleh pakar Inovasi indonesia RM BAgus Permono Imanuel........juga karena Setiap Kristen itu selalu menjadi Garam dan Terang Dunia serta Problem Solver dan merangkul semua agama dan suku tanpa batas....bukan teroris dan bukan anarkis juga bukan makar pada PAncasila, kami selalu mengasihi semua umat walau jahat sekalipun......itu sesuai Ajaran Tuhan Yesus dan alkitab.....setuju??? Dan setiap Kristen selalu punya Tuhan Yesus yang selalu menjaga dan melindungi kami, juga kami selalu diurapi oleh Roh Kudus ( Yesus ) dan kami selalu hidup oleh Roh bukan daging....!!!

Wah ...hebat juga Tuhan Yesus Anda bapak.....!! dan kami akan meneruskan perjalanan kami ke kota terdekat...terima kasih......

Yach...itu tadi cara berinovasi bersama Tuhan Yesus atau inovasi BAgus Permono Imanuel........

Makanya kita harus selalu andalkan Tuhan Yesus dan rajin menyembahNYA saja bukan???

Demikian Tips ^ Inovasi Surabaya....dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih dan Tuhan Yesus memberkati....sukses!!!

Bravo Surabaya dan Jogjakarta...!!!!thx gbu monggo......

Kang Wahid 11 Desember 2013 18.58  

wah jadi tambah isprirasi baca kilas balik..

Rahmat 8 Maret 2014 16.22  

tingkatkan daya saing
kilas balik?
hohoho
:-)

Frederick Guyton 14 Juli 2016 17.55  

Hi! Your blog is amazing and wonderful. I've revealed here numerous things I never heard before. I would like, in gratitude, to advise you another useful source dissertation proposal help

ARTIKEL TERAKHIR

KOMENTAR TERAKHIR

Creative Commons License
Blog by Tatang A Taufik is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 United States License.
Based on a work at sistem-inovasi.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://tatang-taufik.blogspot.com/.

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP