Rabu, Oktober 08, 2008

Tutorial Pengembangan Sistem Inovasi (Bagian 3)

Lanjutan tutorial . . .
Pada tahapan ini, kita mulai mempelajari pemahaman tentang sistem inovasi di Indonesia sendiri. Lihat Bab 6 dan 7 dalam Buku “Pengembangan Sistem Inovasi daerah: Perspektif Kebijakan.”

Silahkan mulai mempelajari bagaimana kondisi di Indonesia sendiri, terutama mulai dengan melihat beberapa indikator nasional (dan perbandingannya dengan negara lain), bagaimana posisi relatif Indonesia dalam menuju era ekonomi pengetahuan, gambaran umum perkembangan inovasi nasional bidang iptek, serta beberapa perkembangan lembaga dan legislasi yang penting di Indonesia. Memahami sistem inovasi dari perspektif historis, konteks "penadbiran" (governance), basis iptek, kebijakan (termasuk regulasi) dan dimensi penting lain yang "spesifik" negara merupakan hal mendasar. Walaupun buku tersebut tidak menyajikan bahasan mendalam/detail, tetapi mudah-mudahan dapat memberikan penambahan wawasan tentang apa yang terjadi dan bagaimana perkembangan di Indonesia setidaknya hingga menjelang akhir tahun 2004.

Langkah berikut yang mulai semakin membutuhkan telaah lebih dalam adalah membaca Bab 7, yang mengajak Anda memahami berbagai kecenderungan dinamika perubahan dan tantangan yang terjadi di sekitar. Berbekal pemahaman pada bagian-bagian sebelumnya (termasuk mencermati beberapa indikator relevan), maka kita mulai perlu menelaah isu dan tantangan umum dalam pengembangan sistem inovasi di Indonesia (baik pada tataran nasional maupun daerah secara umum).

Pada bagian sebelumnya kita mempelajari bahwa perbaikan sistem inovasi tak dapat begitu saja diserahkan semata kepada ”mekanisme pasar.” Artinya, perbaikan sistem inovasi akan memerlukan intervensi tertentu dari pemerintah (kebijakan publik). Tak hanya itu, basis argumen bagi perbaikan sistem inovasi adalah karena ”kegagalan sistemik” (systemic failures) yang senantiasa ada/muncul dalam sistem inovasi, dalam beragam bentuk. Karena itu memahami bagaimana sebaiknya peran pemerintah dalam menyikapi hal demikian sangat penting.

Kita sejauh ini memang tidak/belum membicarakan isu sistem inovasi yang spesifik daerah ataupun spesifik sektor/industri. Yang kita bahas lebih merupakan ”isu generik” secara nasional yang saya yakini berlaku bagi tataran daerah otonom di Indonesia secara umum. Tentu akan sangat penting kita menelaahnya pada tataran spesifik daerah dan spesifik sektor/industri. Kajian-kajian demikian sangat diperlukan dalam upaya memperbaiki/mengembangkan sistem inovasi daerah dan industrial/sektoral.

Seperti saya sebutkan, apa yang disajikan dalam buku tersebut banyak mengungkap kondisi hingga akhir 2004. Sangat mungkin masih banyak isu yang dibahas yang masih relevan bagi situasi terkini. Karenanya, untuk memahami perkembangan aktual maka pemutakhiran situasi terkini sangat penting dilakukan.

Bersambung . . .
Klik Delicious Technorati Google Reader

1 comments:

Frederick Guyton 14 Juli 2016 18.03  

I reckon this site is intended for people who are ardent to become professionals in their field. Thus, you can also use not only this blog but the following source as well custom essay online. Good luck!

ARTIKEL TERAKHIR

KOMENTAR TERAKHIR

Creative Commons License
Blog by Tatang A Taufik is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 United States License.
Based on a work at sistem-inovasi.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://tatang-taufik.blogspot.com/.

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP